Sunday, March 5, 2017

TENTANG KRATOM DIKAPUAS HULU

Tanaman purik atau lebih di kenal dengan tanaman kratom adalah salah satu tanaman yang tumbuh liar di hutan tropis indonesia.populasi nya menyebar di hutan hutan kalimantan barat lebih tepat lagi kapuas hulu.


Salah satu wilayah hutan yang banyak terdapat tanaman ini adalah hutan wilayah kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan barat.Tanaman ini tergolong cepat pertumbuhannya sehingga dulunya tanaman ini di anggap sebagai tanaman pengganggu di areal perkebunan.

Seiring dengan perkembangan zaman serta tingginya nilai jual kratom serta banyaknya permintaan pasar membuat tanaman ini di budidayakan kembali oleh masyarakat setempat.



Pemeliharaan yang begitu mudah serta cepatnya menuai hasil panen menjadikan tanaman ini menjadi primadona petani petani termasuk saya.
Pohon kratom termasuk salah satu pohon tanaman yang tahan terhadap iklim dan musim.

Di daerah kami mengenal akan dua musim dalam 1 tahun yaitu musim kemarau dan musim pasang ,pada saat musim pasang hampir semua tanaman perkebunan terendam air dalam kurun waktu yang cukup lama sekitar 3 bulan, tanaman kratom tetap tumbuh bahkan semakin subur.Tidak seperti tanaman lain seperti karet yang tidak tahan terendam air.

Kratom yang di budidaya masyarakat kami terdiri dari dua jenis yaitu jenis merah dan jenis biasa.Jenis merah di tandai dengan tulang daun yang bewarna merah.Setiap 3 bulan sekali pohon kratom di ambil daunnya untuk di jual.Dalam pengambilan daun kratom di pilih daun yang sudah tua.




Satu pohon kratom yang berumur 1 tahun bisa menghasilkan 5kg daun basah
semakin besar pohon kratom semakin banyak menghasilkan daun.
Jatuhnya harga getah karet yang menjadi mata pencarian kami sehari hari dapat tergantikan oleh hasil dari tanaman kratom ini.
Terlepas dari isu isu miring kegunaan dan manfaat tanaman kratom bagi kami tanaman kratom adalah penyelamat hidup kami.

No comments:

Post a Comment